Hubungan caring perawat dengan kepuasan keluarga pasien di bangsal Cempaka RSUD Wates
Abstract
Latar Belakang : Caring merupakan intisari keperawatan dan mengandung arti respon antara perawat dan klien. Perilaku caring yang ditampilkan perawat adalah dengan memberikan rasa nyaman, perhatian, kasih sayang, peduli, pemeliharaan kesehatan, memberi dorongan, empati, percaya, melindungi, kehadiran, mendukung, memberi sentuhan dan siap membantu klien. Caring akan memungkinkan terjalinnya hubungan interpersonal yang harmonis antara perawat-klien, dapat membantu dan memenuhi kebutuhan klien sehingga dapat memberikan kepuasan pada klien
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat anak dengan kepuasan keluarga pasien yang di rawat inap di bangsal Cempaka RSUD Wates
Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif, merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian potong lintang atau cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 54 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilitiy sampling: quota sampling dan didapatkan 35 responden. Analisa data bivariat menggunakan pearson chi-square.
Hasil Penelitian : Sebanyak 95% caring perawat dalam kategori baik, dan sebanyak 55 % keluarga pasien menyatakan sangat puas. Uji korelasi pearson Chi-Square di dapat nilai p-value = 0,009 (< 0,05)
Kesimpulan : Ada hubungan perilaku caring perawat anak dengan kepuasan keluarga pasien yang di rawat inap di bangsal Cempaka RSUD Wates
Kata kunci : Perilaku caring perawat, kepuasan keluarga pasien