Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen dengan Prestasi Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen dengan Prestasi Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul

  • Rohayati Masitoh RSUD Panembahan Senopati Bantul, D.I Yogyakarta, Indonesia
Keywords: kepemimpinan, prestasi kerja perawat, komitmen organisasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap prestasi kerja kerja perawat Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul.

Untuk menguji variabel tersebut, peneliti menggunakan kuisioner untuk mengukur kepemimpinan, komitmen organisasional dan prestasi kerja perawat. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian non eksperimental dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh perawat tetap rawat inap yang bekerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul yang berjumlah 86 orang. Pengambilan sampel penelitian dengan cara purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara kepemimpinan dengan prestasi kerja perawat, pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi kerja perawat sangat kecil yaitu 0,015%. Ada pengaruh komitmen organisasional dengan kepemimpinan di RSUD Panembahan Senopati Bantul, besarnya pengaruh kepemimpinan terhadap perubahan Komitmen Organisasional sebesar 21,1%. Tidak ada pengaruh antara prestasi kerja perawat dengan komitmen organisasional di RSUD Panembahan Senopati Bantul,

Published
2022-03-01
How to Cite
Masitoh, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Komitmen dengan Prestasi Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul. Jurnal Informasi Kesehatan & Administrasi Rumah Sakit (IKARS), 1(1), 22 - 27. https://doi.org/10.55426/ikars.v1i1.181

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.