Hubungan kualitas pelayanan medis dengan tingkat kepuasan pada pasien BPJS kesehatan di intalasi rawat jalan UPT Puskesmas Bugul Kidul Kota Pasuruan

  • Windya Rizki Dwi Munadi STIKES Arrahma Mandiri Indonesia
  • Ika Puspita Sari
  • M. Nurul Huda
Keywords: BPJS, Rawat Jalan, Kepuasan Pasien

Abstract

Kepuasan pasien adalah indikator pertama untuk mengukur standar puskesmas dan kualitas pelayanan. BPJS  Kesehatan  sebagai  Badan  Pelaksana   merupakan   badan   hukum   publik   yang dibentuk  untuk  menyelenggarakan  program  jaminan kesehatan   bagi  seluruh  rakyat  Indonesia. Kualitas pelayanan adalah suatu bentuk penilaian pasien terhadap pelayanan yang diterima. Beberapa studi meggunakan indikator kepuasan untuk menilai kualitas pelayanan. Tujuan : Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui hubungan  kualitas  pelayanan  medis   dengan  tingkat  kepuasan  pada  pasien  BPJS  Kesehatan  di  Instalasi  Rawat  Jalan  UPT Puskesmas Bugul Kidul Kota Pasuruan. Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross  sectional dengan sampel sejumlah 92 responden diidentifikasi menggunakan purposive sampling. Data kualitas dikumpulkan dengan menggunakan lembar kuesioner. Data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik Chi-Square, dengan tingkat kemaknaan 95% ditolak (p<0,05). Hasil : hasil analisis menunjukkan ada hubungan yang signifikan (p = 0,001) antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat mempengaruhi kepuasan pasien, peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan akan meningkatkan kepuasan pasien. Kesimpulan : dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan BPJS di masyarakat secara umum dan khususnya di UPT Puskesmas Bugul Kidul Kota Pasuruan.

Published
2022-08-01
How to Cite
Munadi, W., Sari, I., & Huda, M. (2022). Hubungan kualitas pelayanan medis dengan tingkat kepuasan pada pasien BPJS kesehatan di intalasi rawat jalan UPT Puskesmas Bugul Kidul Kota Pasuruan. Jurnal Informasi Kesehatan & Administrasi Rumah Sakit (IKARS), 1(2), 38-43. https://doi.org/10.55426/ikars.v1i2.210

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.