Peningkatan kualitas hidup pasien dm dengan menjaga kadar gula darah

  • Veronika Retaningsih
  • Firmina Theresia Kora
Keywords: Kualitas Hidup, Diabetes Mellitus, Gula Darah sewaktu

Abstract

Latar Belakang: Indonesia berada di peringkat ke 7 diantara 10 negara dengan jumlah penderita terbanyak, yaitu sebesar 10,7 juta  ( IDF ,2019). Diabetes Melitus dapat memberikan  dampak negative baik secara emosional, fisik, Maupun ekonomi, semua kondisi tersebut akan menyebabkan menurunnya kualitas hidup seseorang

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan peningkatan kualitas hidup pasien DM dengan menjaga kadar gula darah sewaktu di Puskesmas Playen 1.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Crosssectional populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 orang dengan sampel sebanyak 57 orang yang diambil dengan teknik Consekutive sample.dengan.analisa data menggunakan Spearman Rank.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan kadar glukosa darah penderita Diabetes Melitus yang menjadi responden penelitian masuk dalam kadar gula darah kadar gula normal 33 orang (57,9 %). Didapatkan hasil bahwa kualitas Hidup pasien yang masuk dalam kategori baik sebanyak 42 orang (73,7 %)

Kesimpulan: ada hubungan antara kadar gula darah sewaktu dengan kualitas hidup pasien Diabetes Melitus di UPT Puskesmas Playen I dengan P value sebesar 0.000.

Published
2022-08-01
How to Cite
Retaningsih, V., & Kora, F. (2022). Peningkatan kualitas hidup pasien dm dengan menjaga kadar gula darah. Jurnal Informasi Kesehatan & Administrasi Rumah Sakit (IKARS), 1(2), 50-52. https://doi.org/10.55426/ikars.v1i2.214

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.