Analisis Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK) di Rumah Sakit Kota Yogyakarta
Abstract
Aplikasi SISMADAK atau Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi merupakan aplikasi alat bantu yang diperuntukkan bagi Rumah Sakit yang mengikuti program Akreditasi yang diselenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), yang berguna bagi Rumah Sakit dalam persiapan Akreditasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mencari kembali dokumen bukti yang berhubungan dengan akreditasi (Mallingkan et al., 2021). Hampir 80% Rumah Sakit melakukan pengelolaan dokumen secara manual, sehingga proses pencarian menjadi lambat, dan sering dokumennya hilang atau tercecer dan rusak karena keterbatasan waktu dalam pengecekan semua dokumen yang dimiliki oleh Rumah Sakit dan seringkali petugas dialihkan ke bagian unit lain sehingga pengumpulan laporan yang diserahkan petugas lain menjadi terkendala (Mallingkan et al., 2021).
Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan Quasi Kualitatif dengan cara mengeksplorasi secara mendalam melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian, didapatkan hasil yaitu sumber daya manusia (Man) yaitu masih banyak petugas admin sismadak yang belum paham dan lupa cara dalam mengoperasikan program sismadak Anggaran (Money) yang tidak ada sehingga petugas admin sismadak malas dan tidak focus menginput data pelaporan akreditas sarana (Material) sudah lengkap tetapi hambatan yang dialami oleh petugas sismadak jaringan yang kurang stabil Prosess yaitu pelaksanaan program sismadak dilakukan pengumpulan, pengolahan, hingga penyimpanan data yang dilakukan oleh petugas admin sismadak yang harus terisi kedalam form indicator mutu harian kemudian didokumentasikan sehingga catatan pelaporan akan tersimpan secara otomatis pencapaian hasil pelaporan selama pelaksanaan program sismadak dilakukan sudah bagus.