Analisis Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia

  • Roviana Nurda Agustin STIKES Yogyakarta
Keywords: Analisis, Pemanfaatan, Mobile JKN

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mengarah ke era digital. Perkembangan ini bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaat kemajuan teknologi adalah memudahkan akses informasi, mempercepat pelayanan, mempersingkat waktu serta mengarahkan ke arah yang lebih maju. Perkembangan yang pesat ini bisa diintegrasikan ke dalam berbagai bidang, termasuk salah satunya di bidang kesehatan. Pelayanan kesehatan yang tepat dan cepat menjadi tujuan utama dalam meningkatkan mutu pelayanan. Kemudahan mengakses fasilitas pelayanan kesehatan dapat menunjang masyarakat mendapatkan pelayanan yang segera. Pemerintah telah memberikan fasilitas digitalisasi dalam akses pelayanan kesehatan berupa aplikasi Mobile JKN. Pemanfaatan aplikasi mobile JKN diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat sehingga mempermudah akses pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi mobile JKN di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Pendekatan ini dilakukan secara spesifik untuk penelusuran, peninjauan, dan melakukan evaluasi serta kesimpulan pada semua penelitian yang sesuai tema. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan mobile JKN di Indonesia diantaranya meliputi layanan kesehatan berbasis digital, kemudahan akses pelayanan kesehatan dengan teknologi, berperan dalam pembiayaan kesehatan, pembuktian kredibiltas dalam penyelenggaraan pemerintah melalui inovasi aplikasi yang berkualitas, multifungsi dan unik, serta mengurangi penggunaan kertas di fasilitas kesehatan.

Published
2025-02-13
How to Cite
Agustin, R. (2025). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia. Jurnal Informasi Kesehatan & Administrasi Rumah Sakit (IKARS), 4(1), 1-5. https://doi.org/10.55426/ikars.v4i1.339

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.