Pelatihan dan pendampingan pembuatan media ajar power point pada guru SMP Kabupaten BIMA

  • Ilmidin Ilmidin STIKes Yogyakarta
Keywords: Pelatihan, Pendampingan, Power Point

Abstract

Latar Belakang; Guru merupakan tenaga pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, pendidikan menengah menengah pertama, dan pendidikan menengah atas, dalam melaksanakan tugas utamanya tersebut guru tentu memerlukan media pembelajaran yang membantu dalam proses pendidikan para siswanya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang bersifat konfensional sangat monoton dan jarang disukai oleh siwa pada era globalisasi saat ini, sehingga guru perlu mengembangkan media ajar yang baru dan lebih disukai oleh pelajar atau siswa.

Metode; kegiatan yang dilaksanakan adalah menyampaikan materi ajar tentang dasar microsoft power point dan pengoperasiannya selama 4 jam, setelah materi disampaikan, peserta akan disuruh membuat presentasi sendiri selama 2 jam sambil dibantu dan didampingi oleh narasumber, setelah itu peserta akan mempresentasikan hasil dari pembuatannya selama 2 jam.

Hasil dan Pembahasan; Penyampaian materi yang dilakukan oleh narasumber lebih kepada pentingnya penggunaan dan proses pengoperasian aplikasi Microsoft Office khususnya power point. Setelah itu narasumber mengarahkan peserta untuk membuat dan mempraktekkan pengoperasian power point pada PC masing-masing dengan dampingan dan arahan narasumber.

Kesimpulan; Selama proses kegiatan berlangsung peserta selalu aktif bertanya pada saat materi disampaikan, pada saat pendampingan peserta lebih banyak bertanya tentang pengoperasian power point yang mereka tidak ketahui atau bingungkan, bertambahnya informasi dan eduksi yang sesuai meningkatkan skill guru SMP yang ikut pada kegiatan pelatihan dan pendampingan khususnya skill pengoperasian power point.

Published
2022-01-24
How to Cite
Ilmidin, I. (2022). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media ajar power point pada guru SMP Kabupaten BIMA. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 1(1), 9-12. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i1.168