Membangun Budaya Keperawatan Homecare yang Berbasis Keselamatan Pasien dan Bebas Malpraktik

  • Aris Prio Agus Santoso UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA
  • Rezi Rezi
  • Ady Irawan AM
  • Aknes Galih Sumirat
  • Nurul Itsna Fawzi’ah
Keywords: Keperawatan Homecare, Keselamatan Pasien, Malpraktik.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan secara regional melalui daring/ webinar. Mitra pengabdian masyarakat ini adalah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan “Permata Hutama Creative”. Permasalahan yang dihadapi peserta yang dijaring oleh mitra PkM saat ini adalah banyaknya perawat di Kabupaten Trenggalek yang melakukan keperawatan homecare tanpa memperhatikan patien safety.

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan penyuluhan hukum kepada perawat yang melakukan pelayanan homecare pada praktik keperawatan mandirinya agar terbebas dari malpraktik dan tetap memperhatikan prinsip keselamatan pasien.

Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah dengan pendekatan harfiah, yaitu rencana tindakan yang terdiri atas seperangkat langkah untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan, kemudian sebagai prosedur mental yang berbentuk tatanan langkah yang menggunakan upaya ranah cipta untuk mencapai maksud tertentu.

Hasil tersebut diatas menujukkan bahwa dari 189 perawat yang telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, sebanyak 52,9% tidak memiliki Ketersediaan SOP dan kemudian juga sebanyak 79,3% tidak memiliki Informed Consent dan Dokumen Keperawatan setiap pasien. Artinya bahwa pelayanan keperawatan tersebut belum masuk kriteria berbudaya keselamatan pasien, karena dengan adanya SOP, dan Informed Consent dan Dokumen Keperawatan setiap pasien mampu mendukung pelayanan keperawatan yang prima. Selain itu, masih sedikit peserta yang memang menerapkan patient safety dalam praktik keperawatan mandirinya, yaitu sebanyak 22%, sedangkan 53% belum diterapkan dan sisanya sedang diupayakan. Setelah dilakukan pengabdian masyarakat ini dengan menggunakan teknik online training, simulasi, studi kasus, dan latihan, terhadap 189 peserta perawat diperoleh hasil bahwa  74% perawat merasa puas dengan kegiatan ini, 16% merasa cukup puas, 5% merasa kurang puas dan 5%nya lagi merasa tidak puas.

Published
2022-01-24
How to Cite
Santoso, A., Rezi, R., AM, A., Sumirat, A., & Fawzi’ah, N. (2022). Membangun Budaya Keperawatan Homecare yang Berbasis Keselamatan Pasien dan Bebas Malpraktik. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 1(1), 17-20. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i1.170