Evaluasi pelatihan aplikasi penyuntingan ejakan Bahasa Indonesia (SIPEBI)

  • Yafi Sabila Rosyad Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yoyakarta
  • Untoro Dwi Raharjo
Keywords: SIPEBI, Online training, Usability

Abstract

SIPEBI merupakan aplikasi penyuntingan ejakan Bahasa Indonesia yang keluarkan oleh KEMENDIKBUD. Aplikasi ini membantu untuk perbaikan penyuntingan Bahasa yang bisa dipakai oleh penulis maupun editor. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur kebergunaan dan penerimaan peserta pelatihan terhadap aplikasi SIPEBI. Metode pelatihan SIPEBI dilakukan secara online dan evaluasi kebergunaan aplikasi dikukur melalui kuesioner. Dari hasil pengukuran evaluasi peserta memiliki respon yang positif terkait aplikasi SIPEBI. Pelatihan SIPEBI dapat dilakukan secara online. Metode ini memberikan beberapa keuntungan terutama dalam hal efektivitas waktu dan biaya. Temuan kami menunjukkan bahwa kegunaan aplikasi SIPEBI sangat layak.

References

Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17. https://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451
Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). Pelatihan Siswa/I Untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Dasar Melalui Website Grammar. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 132. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916
Dehnavieh, R., Haghdoost, A. A., Khosravi, A., Hoseinabadi, F., Rahimi, H., Poursheikhali, A., Khajehpour, N., Khajeh, Z., Mirshekari, N., Hasani, M., Radmerikhi, S., Haghighi, H., Mehrolhassani, M. H., Kazemi, E., & Aghamohamadi, S. (2019). The District Health Information System (DHIS2): A Literature Review and Meta-Synthesis of its Strengths and Operational Challenges Based on The Experiences of 11 Countries. Health Information Management Journal, 48(2), 62–75.
Jein, M. (2021). Penggunaan Aplikasi Grammar Terhadap Siswa Sebagai Teknik Belajar Era Revolusi Industri 4.0. Edutech, 20(1), 98–110. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/30311
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2011). Evaluating Training Programs: The Four Levels (3rd ed.). Berrett-Koehler Publisher, Inc.
Passmore, J., & Velez, M. J. (2015). Training Evaluation. In K. Kraiger, J. R. dos S. Passmore, & S. Malvezzi (Eds.), The Wiley BlackWell handbook of The Psychology of Training Development and Performance Improvement (pp. 136–153). John Wiley & Sons, Ltd.
Pradana, W. A. A. (2019). Peningkatan kemampuan penggunaan ejaan dan tanda baca pada menulis karangan sederhana melalui metode complete sentence pada peserta didik kelas III SD. In Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret.
Rahman, E. S., & Vitalocca, D. (2018). Analisis Usabilitas Menggunakan USE Questionnaire pada Sistem informasi SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Mekom, 5(1), 16–22.
Schrepp, M. (2020). A Comparison of UX Questionnaires What is Their Underlying Concept of User Experience? MuC’20, 1–6.
Sibawae, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Ejaan Dan Tanda Baca Dalam Menulis Teks Laporan Observasi Dengan Metode Jigsaw. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616
Yunita, W., Emzir, E., & Mayuni, I. (2018). Needs Analysis for English Grammar Learning Model From Students� Perspectives. English Review: Journal of English Education, 6(2), 85. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i2.1258
Published
2022-07-20
How to Cite
Rosyad, Y., & Raharjo, U. (2022). Evaluasi pelatihan aplikasi penyuntingan ejakan Bahasa Indonesia (SIPEBI). Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 1(2), 63-65. https://doi.org/10.55426/pmc.v1i02.209