BABY MASSAGE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NAFSU MAKAN DAN KUALITAS TIDUR PADA BALITA USIA 12-36 BULAN

  • Henny Sulistyawati Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang
  • Fera Yuli Setiyaningsih ITSKES ICME Jombang
  • Yana Eka Mildiana Instititut Teknologi Sains dan Kesehatan ICMe Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ratna Dewi Permatasari Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang
  • Any isro’aini Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang
  • Dhita Yuniar Kristianingrum Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang
Keywords: baby massage, nafsu makan, kualitas tidur

Abstract

Baby Massage merupakan salah satu solusi bentuk sentuhan yang memiliki efek positif atau baik untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Hal ini terjadi ketika anak di pijat dia akan merasakan rileks dan mudah untuk tidur, selain itu baby massage dapat meningkatkan kerja system pencernaan sehingga dapat menngkatkan nafsu makan. Baby massage bisa meningkatkan hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi. Sehingga ketika ibu ingin meningkatkan sentuhan fisik seperti belaian, pelukan dan pijatan lembut serta menambah erat ikatan kasih sayang antara ibu dan balita, ibu harus mengetahui dan memahami tenik pijat bayi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahu efektifitas baby massage sebagai upaya meningkatkan nafsu makan dan lama waktu tidur.

Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat adalah dengan melakukan baby massage pada balita usia 12-36 bulan selama 1 bulan dan dilaksanakan secara berkesinambungan serta dilanjutkan secara mandiri oleh ibu dirumah. sehingga dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah berat bedan serta kualitas tidur.

Hasil yang didapatkan setelah pemijatan pada bayi selama 1 bulan menunjukkan bahwa, nafsu makan setelah dilakukan pijat bayi dengan nafsu makan meningkat 10% menjadi 77%, nafsu makan tetap 43% menjadi 23% dan nafsu makan menurun 47% menjadi 0%. Sedangkan lama waktu tidur setelah di lakukan baby massage pertambahan rata-rata lama waktu tidur pada balita 12-24 bulan  sebesar 96 menit, sedangkan rata-rata waktu tidur balita 25-36 bulan sebesar 115 menit. Hal ini menunjukkan bahwa baby massage sangat berpengaruh untuk meningkatnkan nafsu makan dan kualitus tidur balita. Baby Massage ini suatu upaya untuk meningkatkan nafsu makan karena ketika nafsu makan untuk pemulihan gizi balita secara optimal sehingga menambah bobot balita dan meningkatkan tumbuh kembang anak.

Published
2023-07-03
How to Cite
Sulistyawati, H., Setiyaningsih, F., Mildiana, Y., Permatasari, R., isro’aini, A., & Kristianingrum, D. (2023). BABY MASSAGE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NAFSU MAKAN DAN KUALITAS TIDUR PADA BALITA USIA 12-36 BULAN. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(2), 38-41. https://doi.org/10.55426/pmc.v2i2.243