Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) Asam Urat di Desa Gamol, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

  • dina putri Utami Lubis Keperawatan Maternitas
Keywords: Asam urat, penyuluhan, poster

Abstract

Asam urat merupakan penyakit yang menjadi masalah kesehatan nasional. Permasalahan kesehatan bagi tubuh salah satunya yaitu penyakit asam urat yang dapat disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dilakukan di Desa Gamol dan ditujukan untuk memberikan edukasi tentang asam urat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Metode yang digunakan adalah penyuluhan secara offline dan penempelan poster. Materi yang diberikan berkaitan dengan penyakit asam urat seperti definisi, kadar normal, penyebab, dan perawatan mandiri di rumah. Kegiatan terlaksana dengan lancar, masyarakat memberikan respon positif pada kegiatan yang dilaksanakan dan tingkat pengetahuan tentang penyakit asam urat meningkat lebih baik dibandingkan sebelum dilakukan penyuluhan.

References

1. Simamora RH, Saragih E. Penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat: Perawatan penderita asam urat dengan media audiovisual. JPPM (Jurnal Pendidik dan Pemberdaya Masyarakat). 2019 Mar 27;6(1):24–31.
2. Hipertensi P, Darah T, Gula K, Darah D, Rahmawati E, Naro Rimasari A, et al. Journal of Community Engagement and Employment [Internet]. Available from: http://ojs.iik.ac.id/index.php/JCEE
3. Sari NN, Warni H, Kurniasari S, Herlina H, Agata A. Upaya Pengendalian Kadar Asam Urat Pada Lansia Melalui Deteksi Dini Dan Penyuluhan Kesehatan. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2022;6(4):1666.
4. Hidayat N, Keperawatan Stikes Wira Husada Yogyakarta P. PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG ASAM URAT PADA LANSIA DI DUSUN BALONG KABUPATEN SLEMAN.
Published
2023-07-03
How to Cite
Utami Lubis, dina. (2023). Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) Asam Urat di Desa Gamol, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(2), 36-37. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/PMC/article/view/250