PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN LANSIA MELALUI PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN LANSIA DI DUSUN MRISI YOGYAKARTA

  • Setyo Retno Wulandari STIKES Yogyakarta
  • Wiwin winarsih STIKES Yogyakarta
  • Istichomah istichomah STIKES Yogyakarta
Keywords: Lansia, Penyuluhan,Pemeriksaan Kesehatan

Abstract

Lanjut usia adalah seseorang yang berusia 60 tahun keatas, berdasarkan Undang Undang Nomor  13  tahun  1998  tentang  Kesejahteraan  Lanjut Usia.  Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang sebagian besar penduduknya masih  berstatus  ekonomi  menengah  kebawah,  dan  sekarang tengah  menghadapi  beban ganda  penyakit,  yaitu  penyakit  menular  dan  Penyakit  Tidak  Menular.  Terdapat  sekitar  71  persen  penyebab  kematian di dunia adalah penyakit tidak menular (PTM) yang membunuh 36 juta jiwa per tahun. Sekitar 80 persen kematian tersebut terjadi di negara berpenghasilan menengah dan rendah. Sebanyak 73%  kematian  saat  ini disebabkan  oleh  penyakit  tidak  menular,  35%  diantaranya  karena penyakit  jantung  dan  pembuluh  darah,  12%  oleh  penyakit  kanker,  6%  oleh  penyakit pernapasan  kronis,  6%  karena  diabetes,  dan  15%  disebabkan  oleh  PTM lainnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pemeriksaan dan senam  pada lansia ini dilakukan pada hari sabtu, tanggal 10 Maret 2023 pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Dusun Mrisi Bantul Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 65 orang lansia. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini mulai dari perijinan, survey awal, perencanaan kegiatan, implementasi dan evaluasi kegiatan. Rangkaian kegiatan utama dalam kegiatan ini yaitu pemeriksaan tekanan darah  pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah dan dilanjutkan senam lansia.

Published
2023-07-18
How to Cite
Wulandari, S., winarsih, W., & istichomah, I. (2023). PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN LANSIA MELALUI PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN LANSIA DI DUSUN MRISI YOGYAKARTA. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(2), 58-61. https://doi.org/10.55426/pmc.v2i2.258