PELAKSANAAN SENAM HAMIL PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III DESA KRENCENG KEC. KEPUNG KAB. KEDIRI

  • Rista Novitasari ITSKes ICME Jombang
  • Hidayatun Nufus STIKes ICMe Jombang
Keywords: Senam hamil, Kehamilan Trimester III

Abstract

Senam hamil merupakan olah raga yang dilakukan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Data Tahun 2021 di Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri terdapat 20 % ibu yang belum melakukan senam hamil. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini agar seluruh ibu hamil di Desa Krenceng dapat mengikuti senam ibu hamil, sehingga diharapkan dapat memperlancar proses persalinan.

Kegiatan ini melibatkan 30 Ibu hamil trimester III di Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2023 dengan frekuensi pelaksanaan 4 kali kegiatan. Teknik pelaksanaan kegiatan adalah dengan mengundang Ibu hamil Trimester III di Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri yang dibantu oleh kader untuk mengikuti senam hamil.

Hasil kegiatan ini menunjukkan terjadi peningkatan keterlibatan ibu hamil trimester III di Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri pada senam ibu hamil sebesar 95 %. Artinya hanya 5  % saja yang tidak mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan bekerja.

Published
2024-01-22
How to Cite
Novitasari, R., & Nufus, H. (2024). PELAKSANAAN SENAM HAMIL PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III DESA KRENCENG KEC. KEPUNG KAB. KEDIRI. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 3(1), 27-29. https://doi.org/10.55426/pmc.v3i1.285