Sosialisasi dan Pelatihan Pengoperasian Aplikasi SIMRS GOS 2 Sebagai Penunjang Administrasi Tata Kelola Perumahsakitan pada Mahasiswa Administrasi Rumah Sakit di STIKes Yogyakarta
Abstract
Penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah yang berbasis teknologi bertujuan untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan secara merata. Pelaksanaan Sistem Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) melibatkan kerjasama antar tim pelaksana dan staf rumah sakit serta memerlukan pengadaan pelatihan yang memadai. Pelatihan operasional aplikasi SIMRS diperlukan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam penggunaan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan aplikasi SIMRS GOS 2 yang dapat menunjang administrasi tata kelola perumahsakitan di rumah sakit sehingga dapat memberikan bekal kemampuan dan penguatan keterampilan kepada mahasiswa yang diharapkan dapat menciptakan calon tenaga kesehatan yang berkualitas. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 10 Oktober 2024 pukul 09.00-15.00 WIB yang diikuti oleh 31 mahasiswa yang terlaksana dengan baik secara keseluruhan. Keberhasilan kegiatan ini adalah adanya peningkatan pemahaman mahasiswa tentang aplikasi SIMRS GOS2 melalui hasil penilaian nilai pretest dan posttest. Keberhasilan dalam kegiatan pelatihan pengoperasian SIMRS GOS 2 menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mengoperasikan aplikasi SIMRS GOS 2 secara individu. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan dan dikembangkan dengan tema sistem aplikasi penunjang administrasi tata kelola perumahsakitan sehingga dapat membekali keterampilan mahasiswa.