PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI HUMAN PAPILLOMAVIRUS (HPV) DI DUSUN NGLABAN NGAGLIK SLEMAN
PDF

Keywords

pengetahuan, imunisasi HPV, vaksin HPV, Human Papillomavirus

How to Cite

Asda, P., & Chasanah, S. (2020). PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI HUMAN PAPILLOMAVIRUS (HPV) DI DUSUN NGLABAN NGAGLIK SLEMAN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(2), 175-182. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/54

Abstract

Latar Belakang: Secara Global kanker leher rahim menempati posisi kedua penyebab kematian wanita akibat kanker. Setiap tahun ditemukan 510.000 kasus baru, 288.000 kasus meninggal, atau setiap dua menit seorang wanita meninggal oleh karena penyakit ini. Kejadian kanker leher rahim 80% kasus dijumpai di negara berkembang.Penyebab dari kanker serviks adalah Human Papilomavirus (HPV). Pencegahan terjadinya kanker serviks dengan pemberian imunisasi HPV.  Saat ini masih ada masyarakat yang belum mengetahui tentang pentingnya imunisasi HPV dalam pencegahan Kancer serviks. 
Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran masyarakat terutama ibu terkait pengetahuan tentang imunisasi Human papillomavirus (HPV).

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengetahuan ibu tentang imunisasi Human papillomavirus (HPV).  Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang masih merupakan Wanita Usia Subur (WUS) yang berdomisili di Dusun Nglaban Ngaglik Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 70 orang. Data di analisis dengan statistik deskriptif yaitu distribusi frekuensi.

Hasil penelitian: mayoritas ibu di didusun Nglaban Ngaglik Sleman memiliki pengetahuan yang kurang (64,3%) tentang  Imunisasi HPV.  Mayoritas pengetahuan ibu kurang terkait tujuan, jadwal, efek samping  dan kontraindikasi imunisasi HPV.

Kesimpulan: mayoritas Pengetahuan ibu di dusun Nglaban tentang imunisasi HPV adalah kurang (64,3%). Sebagian besar ibu di dusun Nglaban masih belum banyak terpapar informasi tentang imunisasi Human papillomavirus (HPV) dan manfaatnya untuk mencegah kanker serviks.

 

Kata kunci: pengetahuan, imunisasi HPV, vaksin HPV, Human Papillomavirus

PDF