OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BALITA MELALUI KELAS IBU CENDEKIA (IBU CERDAS DAN TANGGAP KESEHATAN IBU ANAK)
OPTIMALISASI PERKEMBANGAN BALITA MELALUI KELAS IBU CENDEKIA (IBU CERDAS DAN TANGGAP KESEHATAN IBU ANAK)
Abstract
Perkembangan anak adalah pembentukan bertahap yang ditentukan secara biologis karakteristik dan sifat yang muncul saat anak belajar dari pengalaman. Anggota badan tumbuh dengan kecepatan yang berbeda-beda dan tiap anak mempunyai tempo perkembangannya sendiri. Proporsi badan dan jaringan urat daging dapat dikatakan tetap sampai kurang lebih tahun kelima. Setelah itu mulailah apa yang disebut “Gestaltwandel” pertama. Kelas Ibu Balita berperan sebagai sarana edukasi dan dukungan bagi para ibu untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal. Program ini tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga memperkuat peran ibu sebagai pendamping utama dalam proses perkembangan anak.
Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah sebagai Upaya mengurangi angka kesakitan pada anak kususnya pada perkembangan motoric. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 03 September 2024, Pukul 09.00 WIB di kelurahan Banbunjiwo Kasihan Bantul. Simpulan dari kegiatan ini adalah Kelas Ibu Balita berperan sebagai sarana edukasi dan dukungan bagi para ibu untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal. Program ini tidak hanya bermanfaat bagi anak, tetapi juga memperkuat peran ibu sebagai pendamping utama dalam proses perkembangan anak.
References
Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171.
Mutmainah, Fauzul. 2016. Pengaruh Secure Attachment terhdap Kemandirian Anak Usia Dini di RA Muslimat NU 1 Belung Poncokusumo Malang. Tersedia Online: http://etheses.uin-malang.ac.id/3802/1/12410142.pdf. Diakses 22 November 2017.
Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10(1), 65–71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224
World Health Organization. Joint Child Malnutrition Estimates 2020 edition – interactive dashboard [Internet]. 2020.