PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA STUDI KASUS PADA SISWA PUTRI SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL
PDF

Keywords

Pengetahuan, Remaja Perempuan, Anemia

How to Cite

Sulistyawati, N., & Nurjanah, A. (2020). PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA STUDI KASUS PADA SISWA PUTRI SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(2), 214-220. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/107

Abstract

Latar Belakang : Remaja putri lebih rentan terhadap anemia, ini terkait dengan kondisi mereka sendiri yang mengalami menstruasi (menstruasi) dan hasil diet yang tidak sehat. Konsekuensi dari menstruasi pada remaja putriakan mengalami kehilangan zat besi hingga dua kali lipat jumlah yang dikeluarkan oleh remaja laki-laki. Oleh karena itu, kebutuhan besi remaja putri adalah tiga kali lebih besar daripada remaja laki-laki untuk mengembalikan kondisi tubuhnya ke keadaan semula untuk menggantikan darah yang keluar pada saat menstruasi. Jadi penting bagi remaja putri memiliki pengetahuan yang baik tentang anemia, terutama bagaimana mencegah anemia.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan remaja putri tentang anemia.

Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah phenomology kualitatif. Informan ditentukan secara purposive sampling, dengan karakteristik informan adalah siswa putri di SMA N 1 Piyungan. Pengambilan sampel menggunakan teknik. Metode pengumpulan data adalah dengan Focus Group Discussion dan dokumentasi. Analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan validitas data dengan menggunakan triangulasi data.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian terhadap 9 informan menunjukkan bahwa siswa putri SMA N 1 Piyungan memiliki pengetahuan yang kurang tentang definisi anemia, tanda-tanda anemia, penyebab anemia, efek anemia, dan cara mencegah anemia.

Kesimpulan: Tingkat pengetahuan anemia pada remaja putri masih kurang terutama pada penyebab, efek dan cara mencegah anemia.

PDF