HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI ORANG TUA DENGAN KOPING ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNA DAKSA DI SLB N 1 BANTUL
PDF

Keywords

koping, kepercayaan diri, orang tua

How to Cite

Hartanti, R., & Nurmaguphita, D. (2020). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI ORANG TUA DENGAN KOPING ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNA DAKSA DI SLB N 1 BANTUL. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(2), 227-236. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/109

Abstract

Latar Belakang: Koping merupakan respon individu terhadap situasi yang mengancam dirinya baik secara fisik maupun psikologik. Menurut data PT Surveyor Indonesia (2012), penyandang tuna daksa berjumlah 1.652.741 jiwa di tahun 2012.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara kepercayaan diri orang tua dengan koping orang tua yang memiliki anak tuna daksa di SLB N 1 Bantul.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan waktu cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 47 orang tua yang memiliki anak tuna daksa di SLB N 1 Bantul. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pada variabel kepercayaan diri orang tua dan variabel koping orang tua. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi kendall tau (r).

Hasil Penelitian: Ada hubungan antara kepercayaan diri orang tua dengan koping orang tua yang memiliki anak tuna daksa di SLB N 1 Bantul. Hasil penelitian diperoleh nilai probabilitas (p) = 0,000 dengan nilai kendall tau (r) = 0,609.

Simpulan: Ada hubungan yang bermakna antara kepercayaan diri orang tua dengan koping orang tua yang memiliki anak tuna daksa di SLB N 1 Bantul dalam kategori kuat.

Saran: Bagi orang tua yang memiliki anak tuna daksa di SLB N 1 Bantul diharapkan melakukan koping dengan baik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

PDF