Abstract
Abtrak
Latar belakang: Metode baru tersebut disesuaikan dengan perkembangan zaman dan karakteristik mahasiswa sehingga pembelajaran menjadi relevan dan efektif. kurikulum berbasis kompetensi metode pembelajaran yang tepat dipilih oleh dosen adalah yang lebih memberikan peluang ke pada mahasiswa. Metode pembelajaran berbasis tehnologi informasi yang dipandang relevan dengan saat ini adalah Flipped Classroom Learning.
Tujuan: Paper ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode flipped Clasroom dapat dimasukkan dalam kurikulum keperawatan ?
Metode: Literatur ini menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi, artikel yang didapat dan direview dan diperoleh dari database yaitu google scholar (2016 – 2020) dan PubMed (2016 – 2020). Strategi pencarian dan istilalah yang digunakan dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut Flipped Classroom OR Kurikulum OR nursing students
Hasil:tujuh artikel menyebutkan metode pembelajaran Flipped Classeroom secrasignifikan meningkatkan penegtahuan dan nilai mahsiswa keperawatan, dua artikel menyebutkan pendekatan flipped classroom dan pembelajaran berbasis tim secara efektif meningkatkan pengetahuan EBN, satu artikel menyebutkan Pelatihan keselamatan pasien menggunakan metode flipped classroom terbukti efektif dalam kompetensi keselamatan pasien
Kesimpulan:efektivitas yang ditunjukkan oleh metode flipped classroom sangat berpengaruh dalam meninkakan kognitif, berpikir krtis, serta peningkatan EVB dan peningkatan pada skor nilai mahasiswa keperawatan