Penerapan Metode Flipped Classroom Kedalam Kurikulum Keperawatan Literature Review
PDF

Keywords

Methods AND Flipped Classroom AND Curriculum AND Nursing Courses

How to Cite

Andika, I. P., & Istichomah, I. (2021). Penerapan Metode Flipped Classroom Kedalam Kurikulum Keperawatan Literature Review. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 12(2), 108-117. https://doi.org/10.55426/jksi.v12i2.149

Abstract

Abtrak

Latar belakang: Metode baru tersebut disesuaikan dengan perkembangan zaman dan karakteristik mahasiswa sehingga pembelajaran menjadi relevan dan efektif. kurikulum berbasis kompetensi metode pembelajaran yang tepat dipilih oleh dosen adalah yang lebih memberikan peluang ke pada mahasiswa. Metode pembelajaran berbasis tehnologi informasi yang dipandang relevan dengan saat ini adalah Flipped Classroom Learning.

Tujuan: Paper ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode flipped Clasroom dapat dimasukkan dalam kurikulum keperawatan ?

Metode: Literatur ini menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi, artikel yang didapat dan direview dan diperoleh dari database yaitu google scholar (2016 – 2020) dan PubMed (2016 – 2020). Strategi pencarian dan istilalah yang digunakan dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut Flipped Classroom OR Kurikulum OR nursing students

Hasil:tujuh artikel menyebutkan metode pembelajaran Flipped Classeroom secrasignifikan meningkatkan penegtahuan dan nilai mahsiswa keperawatan, dua artikel menyebutkan pendekatan flipped classroom dan pembelajaran berbasis tim secara efektif meningkatkan pengetahuan EBN, satu artikel menyebutkan Pelatihan keselamatan pasien menggunakan metode flipped classroom terbukti efektif dalam kompetensi keselamatan pasien

Kesimpulan:efektivitas yang ditunjukkan oleh metode flipped classroom sangat berpengaruh dalam meninkakan kognitif, berpikir krtis, serta peningkatan EVB dan peningkatan pada skor nilai mahasiswa keperawatan

https://doi.org/10.55426/jksi.v12i2.149
PDF