A TINGKAT STRES DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 BERDAMPAK PADA KEPUASAN MAHASISWA
PDF

How to Cite

Iskandar, R. (2022). A TINGKAT STRES DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 BERDAMPAK PADA KEPUASAN MAHASISWA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 13(02), 82-86. https://doi.org/10.55426/jksi.v13i02.218

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak perubahan, tidak terkecuali di sektor pendidikan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka, kini beralih menjadi pembelajaran daring. Perubahan sistem ini memicu munculnya stres akademik pada mahasiswa kesehatan yang akan berdampak pada prestasi belajarnya. Semakin besar tekanan stres yang dihadapi, maka semakin kecil kepuasan yang dirasakan mahasiswa kesehatan dalam pembelajaran. Mengidentifikasi hubungan antara tingkat stres mahasiswa fakultas Kesehatan dengan kepuasan dalam menggikuti pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif korelasi. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 131 responden diambil dengan tenik Random Sampling yang terdiri dari program studi Keperawatan (S-1) dan Farmasi (S-1). Analisis statistik menggunakan Gamma.Hasil penelitian ini menunjukan tingkat stres mahasiswa Fakultas Kesehatan  berada pada rentang Normal 47 mahasiswa (35.9%), sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Kesehatan berada pada kategori cukup puas 63 mahasiswa (48.1%) dan ada hubungan yang cukup bermakna antara tingkat stres mahasiswa dengan tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Kesehatan selama pembelajaran daring. dengan keeratan korelasi, nilai p (0,034)<α0,05 dan r=(-0,219).Ada hubungan yang cukup bermakna antara tingkat stres mahasiswa dengan tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Kesehatan selama pembelajaran daring di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (P-value < α dengan keeratan hubungan rendah dan arah hubungan negatif (r = -0,219).

https://doi.org/10.55426/jksi.v13i02.218
PDF