PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG ASI EKSKLUSIF
PDF

Keywords

Pengetahuan,Ibu Menyusui, ASI Eksklusif

How to Cite

Murti, A. (2020). PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG ASI EKSKLUSIF. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 7(2), 114-121. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/26

Abstract

Latar Belakang: ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi selama 6 bulan tanpa tambahan makanan dan minuman lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, kecuali obat, vitamin dan mineral. ASI dapat menurunkan angka kematian bayi karena meningkatkan daya imunitasnya sehingga lebih tahan terhadap penyakit.Selain itu, ASI mengandung zat gizi guna mencukupi kebutuhan gizi bayi dan pertumbuhan bayi yang lebih baik.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang ASI Eksklusif di Wilyah Kerja Puskesmas Ngrampal Sragen.

Metode penelitian: Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional dengan populasi ibu yang menyusui bayi usia 0-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Ngrampal  Sragen sebanyak 31 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah di uji validitas dan realibilitas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariate. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sample.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas Ngrampal Sragen ada 31 responden ibu menyusui dengan pengetahuan baik sebanyak 20 responden (64,51%), cukup 28 responden (25,80%) dan kurang 3 responden ( 9,67%).

Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Ngrampal Sragen termasuk kategori baik sebanyak 20 responden (64,51%).

PDF