HUBUNGAN PERAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI BANGSAL ANGGREK RSUD KOTA YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Peran Perawat, Tingkat Kecemasan, Hospitalisasi, Anak Prasekolah

How to Cite

Khoeriyah, S. (2020). HUBUNGAN PERAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI BANGSAL ANGGREK RSUD KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(2), 127-135. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/49

Abstract

Latar Belakang: Populasi anak usia prasekolah meningkat tiap tahunnya. Peningkatan ini disertai dengan semakin tingginya resiko anak terpapar sakit. Hospitalisasi memberikan perlindungan namun dapat juga menimbulkan trauma berupa kecemasan. Peran perawat diharapkan mampu mencegah kecemasan kepada anak saat menjalani hospitalisasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran perawat terhadap tingkat kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah di Bangsal Anggrek RSUD Kota Yogyakarta.

Metode: Desain penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional di pilih untuk penelitian ini. Accidental Sampilng digunakan untuk memilih 32 responden dengan lama rawat lebih dari 2 hari, tidak dalam perawatan dan terapi khusus. Data analisa menggunakan Kendal’s Tau.

Hasil: Terdapat hubungan antara peran perawat terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di Bangsal Anggrek RSUD Kota Yogyakarta dengan nilai korelasi Spearman Rank sebesar 0,282 dan probalitas sebesar 0,041.

Kesimpulan: Peran perawat mampu menurunkan tingkat kecemasan anak pada saat menjalani hospitalisasi. Perawat dan keluarga harus mampu mencegah kecemasan saat anak menjalani hospitalisasi dengan diajak bercerita dan bermain, agar anak tidak mendapatkan pengalaman buruk selama menjalani perawatan.

 

 

PDF