PENGARUH HEALTH EDUCATION TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN MOTIVASI MELAKUKAN SADARI PADA REMAJA PUTRI KELAS X DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Remaja Putri, SADARI, Health Education, Pengetahuan, Motivasi

How to Cite

Maisyaroh, L., & Handayani, S. (2020). PENGARUH HEALTH EDUCATION TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN MOTIVASI MELAKUKAN SADARI PADA REMAJA PUTRI KELAS X DI MAN 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(2), 152-166. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/52

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara tidak hanya menyerang pada perempuan yang usianya di atas 40 tahun namun saat ini banyak penderita kanker payudara pada remaja putri dengan usia 15 tahun. Salah satu cara efektif untuk mendeteksi lebih dini kanker payudara yaitu dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Kurangnya pengetahuan dan informasi tentang SADARI menyebabkan kesadaran untuk melakukan SADARI masih rendah yaitu sekitar 25%-30%.

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh health education tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap pengetahuan dan motivasi melakukan SADARI pada remaja putri kelas X di MAN 1 Sleman Yogyakarta.

Metode: Desain penelitian pre experimental design dengan menggunakan metode one group pretest post-test. Populasi penelitian ini yaitu siswi kelas X di MAN 1 Sleman Yogyakarta sebanyak 122 siswi. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 siswi. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan cara simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan SADARI dan motivasi melakukan SADARI. Analisa data di olah menggunakan uji spearman rank correlation.

Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji spearman rank correlation didapatkan nilai signifikasi (ρ) 0.000 yang dibandingkan dengan nilai α = 5%, maka ρ < 0.05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh health education tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap pengetahuan dan motivasi melakukan SADARI pada remaja putri kelas X di MAN 1 Sleman Yogyakarta.

Kesimpulan: Ada pengaruh health education tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) terhadap pengetahuan dan motivasi melakukan SADARI pada remaja putri kelas X di MAN 1 Sleman Yogyakarta.

 

 

PDF