DURASI MENONTON TELEVISI BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH 3-5 TAHUN
PDF

Keywords

Lama menonton TV, Perkembangan sosial, Anak usia 3-5 tahun

How to Cite

Dewi, S., & Hutasoit, M. (2020). DURASI MENONTON TELEVISI BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH 3-5 TAHUN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(2), 189-197. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/56

Abstract

Latar Belakang: Televisi merupakan media yang menarik buat anak karena banyak program anak yang ditampilkan selain itu televisi memiliki fitur gambar disertai dengan suara. Anak-anak Indonesia menempati urutan teratas paling lama menonton televisi diantara Negara-negara di ASEAN, rata-rata waktu yang dihabiskan anak Indonesia saat menonton televisi mencapai 5 jam setiap harinya.  Kebiasaan menonton televisi dapat mengganggu hubungan sosial anak, anak-anak lebih focus dengan tontonannya. Sehingga dapat mengurangi interaksi dengan anak-anak lain seusianya, serta dapat membuat anak menjadi pemalu karna terisolasi dari teman sebayanya.

Tujuan: diketahuainya hubungan antara lama menonton televisi dengan perkembangan sosial anak usia 3-5 tahun di posyandu Mandiri Murangan VIII Sleman Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 42 anak usia 3-5 tahun diposyandu Mandiri Murangan VIII Sleman Yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampeling. Instrument pada penelitian ini menggunakan lembar DDST . Analitik dengan menggunakan univariabel dan bivariabel uji statistik pada penelitian ini menggunakan chi square.

Hasil:  Karakteristik responden sebagian besar lama menonton televisi dalam rentang waktu sedang (2-4 jam) sebanyak 64,3%, perkembangan sosial anak sebagian besar normal yaitu berjumlah 54,8%. Hasil uji chi square  diperoleh nilai P Value sebesar 0,028  < 0,05 keeratan hubungan lama menonton televise dengan perkembangan sosial anak rendah yaitu 0,378.

Kesimpulan: Terdapat hubungan lama menonton TV terhadap perkembangan sosial anak usia 3-5 tahun. Saran Bagi Peneliti Selanjutnya Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut variabel-variabel lain yang menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak  seperti stimulasi, lingkungan, gizi, posisi anak dalam keluarga, status kesehatan dan teman sebaya serta dapat menambah referensi yang sudah ada.

 

 

PDF