TINGKAT PENGETAHUAN PUS TENTANG HIV/AIDS DI KECAMATAN MERTOYUDAN MAGELANG
PDF

Keywords

Pengetahuan, HIV/AIDS.

How to Cite

Uluwiyatun, U., Puspitasari, R., & Adhisty, Y. (2020). TINGKAT PENGETAHUAN PUS TENTANG HIV/AIDS DI KECAMATAN MERTOYUDAN MAGELANG. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(2), 198-203. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/57

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia penderita HIV dari tahun 1987 sampai September 2014 sebanyak 150.296 orang, sedangkan total komulatif kasus AIDS sebanyak 557.799 orang. Sampai saat ini HIV/AIDS belum ditemukan obatnya, hanya saja ada beberapa cara untuk pencegahannya. Di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang pengetahuan PUS masih sangat minim. Perlu informasi kepada masyarakat untuk mengetahui gejala klinis HIV/AIDS.

Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan PUS tentang HIV/AIDS yang berusia 20 – 29 tahun di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun 2016.

Metode: Observasional deskriptif. Tehnik sampling Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini ibu pasangan usia subur usia 20-29 tahun di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 30 orang. Analisis data dengan Deskriptif Kuantitatif menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil: Tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS pada ibu Pasangan Usia Subur yang berusia 20-29 tahun di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dengan kategori rendah sebanyak 14 orang (46,7%), kategori cukup sebanyak 10 orang (33,3%) dan kategori tinggi sebanyak 6 orang (20%).  pengetahuan tentang pengertian dan penyebab HIV/AIDS sebagian besar masih rendah, pengetahuan tentang cara penularan HIV/AIDS sebagian besar masih rendah, sedangkan pengetahuan tentang pencegahan HIV/AIDS sebagian besar tergolong tinggi.

Kesimpulan: Tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS pada ibu Pasangan Usia Subur yang berusia 20-29 tahun di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dengan kategori rendah sebanyak 14 orang (46,7%), kategori cukup sebanyak 10 orang (33,3%) dan kategori tinggi sebanyak 6 orang (20%).

 

 

PDF