HUBUNGAN MEROKOK DENGAN TERJADINYA INSOMNIA PADA REMAJA KARANG TARUNA
PDF

Keywords

merokok; insomnia; remaja

How to Cite

Nahak, J., & Kora, F. (2020). HUBUNGAN MEROKOK DENGAN TERJADINYA INSOMNIA PADA REMAJA KARANG TARUNA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(2), 216-223. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/59

Abstract

Latar Belakang: Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sangat lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil laporan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) tahun 2008, Indonesia berada di posisi peringkat ke-tiga setelah China dan India.

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan merokok dengan terjadinya insomnia pada remaja karang taruna di pedukuhan Blawong I Jetis Bantul.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional.  Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang yang merupakan remaja karang taruna dengan sampel sebanyak 34 responden yang diambil dengan teknik total sampling, dengan analisa data bivariat kendall’s tau.

Hasil Penelitian: hasil penelitian menunjukan bahwa kebiasaan merokok pada remaja karang taruna di Pedukuhan Blawong I Jetis Bantul dengan kategori ringan sebesar 58,8%, kategori sedang sebesar 26,5%, dan kategori berat sebesar 14,7%. Sedangkan kejadian insomnia dengan kategori Insomniatransient sebesar 17,6%. Insomnia jangka pendek sebesar 58,8%, dan insomnia kronis sebesar 23,5%.

Kesimpulan: adahubungan antara merokok dengan terjadinya insomnia pada remaja karang taruna di Pedukuhan Blawong I Jetis Bantul dengan nilai P Value sebesar 0,046.

 

 

PDF