PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA DALAM MENCEGAH HIPERTENSI DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Pendidikan kesehatan, Pemahaman, Lansia, Hipertensi

How to Cite

Sari, Y., & Priyantari, W. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA DALAM MENCEGAH HIPERTENSI DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(2), 125-134. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/97

Abstract

Latar belakang: Pendidikan kesehatan dapat mempengaruhi pemahaman seseorang dan mencegah komplikasi penyakit, salah satu penyakitnya adalah hipertensi. Ini adalah penyakit yang biasanya menyerang orang tua. Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit diam, karena orang tua tidak tahu apakah mereka memiliki penyakit ini sampai mereka memeriksa tekanan darah mereka. Hipertensi yang diderita dalam waktu lama dan terus menerus akan memicu penyakit lain seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan penyebab utama penyakit gagal ginjal kronis.

Tujuan: Untuk mengukur pengaruh penyuluhan kesehatan tentang hipertensi pada lansia dalam mencegah hipertensi di Rumah Pembibitan Budhi Dharma, Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimen dengan satu kelompok pre test-post test. Populasi penelitian ini berjumlah 51 orang, dan sampel terdiri dari 41 orang yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner, dan analisis data menggunakan Wilcoxon signed rank test.

Hasil: Penelitian ini menemukan bahwa 59% dari responden dikategorikan sebagai pemahaman yang baik, dan 41% memiliki pemahaman yang adil. Ada pengaruh penyuluhan kesehatan tentang hipertensi pada lansia dalam mencegah hipertensi di Rumah Pembibitan Budhi Dharma, Yogyakarta, yang diindikasikan dari Wilcoxon signed rank test result, -5,583 dengan nilai p value 0,000 <α = 0,005.

Kesimpulan: Ada pengaruh penyuluhan kesehatan tentang hipertensi pada lansia dalam mencegah hipertensi di Rumah Pembibitan Budhi Dharma, Yogyakarta.

PDF