EFEKTIFITAS LATIHAN KEGEL DAN LATIHAN BERKEMIH PADA LANSIA DENGAN INKONTINENSIA URIN
PDF

Keywords

lansia, inkontinensia urin, kegel, latihan berkemih

How to Cite

Monika, R. (2020). EFEKTIFITAS LATIHAN KEGEL DAN LATIHAN BERKEMIH PADA LANSIA DENGAN INKONTINENSIA URIN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(2), 183-190. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/104

Abstract

Latar belakang : Inkontinensia urin merupakan salah satu permasalahan eliminasi yang sering dialami oleh lansia yang berdampak pada fisik, psikologis, dan sosial ekonomi lansia. Peningkatan pemahaman dan keterampilan lansia terkait perawatan inkontinensia urin mampu memberikan kontribusi positif pada perubahan perilaku dan kesembuhan inkontinensia urin. Latihan kegel diketahui dapat menguatkan otot perkemihan dan latihan berkemih dapat meningkatkan elastisitas daya tampung kemih pada kandung kemih. Studi ini bertujuan untuk menilai kefektifan latihan kegel dan latihan berkemih dalam menurunkan keluhan inkontinensia urin pada lansia baik pada tipe inkontinensia stress, urgency dan mixed.

Metode : Studi ini menggunakan desain quasi eksperimen pre-post test tanpa kelompok kontrol. Partisipan sebanyak 42 wanita di komunitas. Intervensi dilakukan selama 12 minggu.

Hasil: rerata partisipan berusia 67 tahuan. studi ini menunjukkan keluhan inkontinensia urin mengalami perubahan yang signifikan (p= 0,0001), dimana frekuensi berkemih menjadi 7 kali sehari, frekuensi mengompol menjadi 1 kali seminggu, dan interval berkemih meningkat menjadi 3 jam. Terdapat perubahan perilaku yang mengarah lebih baik dan penurunan keluhan inkontinensia urin setelah pelaksanaan intervensi.

Kesimpulan : latihan kegel dan latihan berkemih terbukti secara signifikan menurunkan keluhan inkontinensia urin pada lansia.

PDF