PERBEDAAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 6-59 BULAN DENGAN INTERVENSI MULTIPLE MICRONUTRIENT POWDER
PDF

Keywords

Multiple Micronutrient Powder, anak anemia, diare

How to Cite

Handari, M. (2020). PERBEDAAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK USIA 6-59 BULAN DENGAN INTERVENSI MULTIPLE MICRONUTRIENT POWDER. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(2), 221-227. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/108

Abstract

Latar belakang: Penyakit diare merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian di negara berkembang termasuk Indonesia karena merupakan penyumbang utama ketiga morbiditas dan mortalitas anak. Pemberian suplementasi multivitamin dan mineral dapat menurunkan kejadian diare.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Multiple Micronutrient Powder terhadap kejadian diare pada anak dengan anemia Usia 6-59 Bulan.

Metode: Metode penelitian adalah Randomized Control Trial. Anak dengan anemia usia 6-59 bulan dipilih secara random, dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang diberi Multiple Micronutrient Powder dan kelompok lain diberi plasebo. Keduanya diberi perlakuan selama 12 minggu. Kejadian diare diobservasi sebelum dan sesudah perlakuan.

Hasil: Anak dengan anemia yang diberi Multiple Micronutrient Powder terjadi penurunan kejadian diare walaupun secara statistik tidak signifikan (nilai p=1,00).

PDF