Abstract
ABSTRAK
Keikutsertaan masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional yang dijalankan saat ini merupakan proses penyempurnaan dari program sebelumnya. Upaya untuk mewajibkan masyarakat menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional yang dilaksanakan tersebut sampai saat ini belum bisa terlaksana sampai 100%, dalam hal ini belum diketahui penyebabnya, walaupun upaya pemerintah dalam sosialisasi sudah terprogram dengan bagus.
Metode penelitian. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif eksploratif non-eksperimental dengan pendekatan Cross Sectional. Hasil dari penelitian ada keterkaitan antara motivasi dengan pelayanan kesehatan baik di dirumah sakit ataupun puskesmas dibuktikan dengan pelayanan yang kurang baik mempengaruhi motivasi masyarakat mendaftar menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional yaitu pengalaman dari anggota masyarakat yang kurang memuaskan karena ada perbedaan pelayananan di rumah sakit antara yang menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional dengan yang tidak menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional sehingga mempengaruhi motivasi masyarakat