HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET DIABETES DIABETES MELITUS TYPE II
PDF

Keywords

Dukungan Keluarga, Lansia, Kepatuhan Diet DM

How to Cite

Go’o, I., Priyantari, W., & Monika, R. (2020). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET DIABETES DIABETES MELITUS TYPE II. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 11(1), 84-93. https://doi.org/10.55426/jksi.v11i1.18

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia dengan prevalensi 24,49 juta orang. Salah satu penatalaksanaan diabetes mellitus adalah menjalankan terapi diet. Dalam upaya ini, penderita diabetes mellitus membutuhkan dukungan, terutama dukungan keluarga.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan kepatuhan diet pada lansia dengan diabetes mellitus tipe II di Puskesmas Depok II Sleman Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian survei analitik dengan desain cross sectional. Sampel 68 lansia dengan diabetes mellitus tipe II diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner kepatuhan diet diabetes mellitus tipe II. Metode analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lansia dengan diabetes mellitus tipe II menerima dukungan keluarga dalam kategori sedang (54,4%) dan mematuhi menerapkan diet diabetes mellitus tipe II (57,4%). Hasil korelasi Rank Spearman sebesar 0,408 berarti bahwa dukungan keluarga semakin meningkat, kepatuhan terhadap diet diabetes mellitus tipe II juga akan meningkat, dengan nilai p 0,001 (nilai p <0,05) yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan terhadap diet pada orang lanjut usia dengan diabetes mellitus II.
Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dan kepatuhan diet pada lansia dengan diabetes mellitus tipe II di Puskesmas Depok II Sleman Yogyakarta.

https://doi.org/10.55426/jksi.v11i1.18
PDF