DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP FUNGSI SOSIAL PADA ANAK RETARDASI MENTAL
PDF

Keywords

Dukungan Orang Tua, Fungsi Sosial, Retardasi Mental.

How to Cite

Ruliati, R. (2020). DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP FUNGSI SOSIAL PADA ANAK RETARDASI MENTAL. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 11(2), 200-208. https://doi.org/10.55426/jksi.v11i2.123

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan: Mempunyai anak menderita retardasi mental bagi orang tua siuasi ini tidaklah mudaht. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SLB dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang pada tanggal 2 juli 2018 secara wawancara pada 7 orang tua yang memiliki anak retardasi mental didapatkan 6 orang tua mendukung terhadap perkembangan sosial sedangkan 1 orang tua kurang mendukung dalam sosialisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dukungan orangtua terhadap fungsi sosial pada anak retardasi mental di SLB dibawah Naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang tahun 2018.

Desain penelitian: Jenis penelitian ini adalah analitik. Populasi penelitian berjumlah 25 orangtua dan anak retardasi mental, sampel yang diambil sebagian orang tua di SLB Jombang sebanyak 24, dengan teknik sampel purposive. Variabel independent adalah dukungan orang tua dan variabel dependent adalah fungsi sosial a. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan DDST, kemudian dianalisa dengan editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik spearman rank.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua sebanyak 18 responden (75%) mempunyai dukungan kuat. Fungsi sosial sebanyak 18 responden (75%) . Hasil analisa menggunakan uji statistik spearman rank didapatkan hasil yang signifikan sebesar 0,000antara dukungan orang tua dan fungsi sosial  sehingga  dapat dinyatakan bahwa H1 diterima.

Kesimpulan; Kesimpulan hasil penelitian ada hubungan dukungan orang tua terhadap fungsi sosial di SLB dibawah Naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang sebagian besar adalah kuat Perlu ditingkatkan dukungan dari keluarga agar anak dengan retardasi mental bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

 

https://doi.org/10.55426/jksi.v11i2.123
PDF