Abstract
ABSTRAK Permasalahan pelayanan umum (public services) di Negara kita selalu menjadi topik yang hangat untuk di diskusikan. Banyak pengalaman yang dapat ditemukan dalam praktek pelayanan publik baik di lingkungan pemerintahan maupun swasta, yang menuai pro dan kontra. Ada penilaian bahwa pelayanan di sektor pemerintah lebih baik dibanding pelayanan di sektor swasta atau bahkan ada yang memberikan penilaian sebaliknya. Persepsi tentang mutu pelayanan yang diterima oleh publik pasti akan berbeda. Perbedaan ini dapat dilihat dari seberapa besar inovasi yang dilakukan dan keberlanjutannya. Nilai sebuah inovasi pelayanan kesehatan dapat dirasakan apabila bisa menjamin masyarakat menikmati pelayanan publik dari yang disediakan berkualitas minimum menjadi berkualitas maksimal dengan harapan dapat menjawab semua image kurang baik dari masyarakat tentang pelayanan publik pemerintah selama ini. Untuk meningkatkan mutu pelayanan terutama pelayanan kesehatan butuh inovasi-inovasi yang selalu seiring dengan perkembangan, kemajuan jaman dan tentunya tahu akan selera dan kebutuhan pelanggannya.(berorientasi pada pasien atau customize)