HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 2-5 TAHUN DI DESA UMBULREJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Kata Kunci: ASI Eksklusif, Stunting, Balita.

How to Cite

Yatno, D., Handayani, S., & Khoeriyah, S. (2021). HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 2-5 TAHUN DI DESA UMBULREJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 12(1), 15-25. https://doi.org/10.55426/jksi.v12i1.140

Abstract

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Indonesia termasuk ke dalam negara ketiga dengan prevalensi Stunting tertinggi di regional Asia Tenggara/South-East Asia Regional (SEAR). Stunting atau pendek merupakan kondisi gagal tumbuh pada bayi (0-11 bulan) dan anak balita (12-59 bulan) akibat dari kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir, tetapi kondisi stunting baru nampak setelah anak besusia 2 tahun. Banyak faktor penyebab stunting, Salah satunya karena balita yang tidak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian ASI Ekskulsif dengan kejadian stunting pada balita usia 2-5 tahun di Desa Umbulrejo Gunung kidul Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian termasuk kedalam survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sejumlah 150  ibu yang memiliki balita di Desa Umbulrejo Gunung Kidul Yogyakarta.

Hasil: Ada hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita usia 2-5 tahun di DesaUmbulrejo Gunung Kidul Yogyakarta berdasarkan uji korelasi Chi Square pvalue (0,013) < 5% (0,05).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting pada balita usia 2-5 tahun di Desa Umbulrejo Gunung Kidul Yogyakarta.

https://doi.org/10.55426/jksi.v12i1.140
PDF