HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN
PDF

Keywords

caring, kepuasan, perawat, pasien

How to Cite

Belladona, V., Istichomah, I., & Monika, R. (2020). HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 11(1), 57-66. https://doi.org/10.55426/jksi.v11i1.15

Abstract

Latar belakang: Kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan profesional cenderung meningkat di masa depan, sehingga perawatan yang baik dapat meningkatkan kepuasan yang signifikan bagi pasien . Unsur pelayanan Rumah Sakit Umum Wonosari dengan indeks terendah adalah kecepatan dan prosedur pelayanan kepada pasien.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Gunungkidul.
Metode: Penelitian ini adalah korelasi kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 221 pasien. Sampel penelitian dari 69 responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner perilaku caring perawat dan kepuasan pasien. Teknik analisis data menggunakan uji Product Moment.
Hasil: Perilaku perawat merawat berada dalam kategori cukup 62,3%, dalam kategori baik 26,1% , dan dalam kategori kurang 11,6%. Kepuasan pasien adalah kategori sedang 56,5%, dan kategori rendah 23,2%, dan kategori tinggi 20,3%.
Kesimpulan: Ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Gunungkidul berdasarkan nilai p sebesar 0,001.
 

https://doi.org/10.55426/jksi.v11i1.15
PDF