Pengaruh interpersonal relationships terhadap school well-being pada mahasiswa Ilmu Keperawatan
PDF

Keywords

Interpersonal relationships, Ilmu Keperawatan, School well-being

How to Cite

RIYANTO, S. (2022). Pengaruh interpersonal relationships terhadap school well-being pada mahasiswa Ilmu Keperawatan. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 13(1), 11-16. https://doi.org/10.55426/jksi.v13i1.189

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Kesejahteraan sekolah atau school well being sangatlah penting untuk dipenuhi untuk memperoleh hasil yang baik. Kesejahteraan sekolah yang meliputi having, loving, being dan health. Well-being menjadi penting di pakai di lingkungan sekolah, karena siswa yang sehat, merasa bahagia dan sejahtera dalam mengikuti pelajaran di kelas, dapat belajar secara efektif dan memberi kontribusi positif pada sekolah dan lebih luas lagi pada komunitas. Hubungan Interpersonal hubungan dari dua orang atau lebih yang saling tergantung satu sama lain dan menggunakan pola interaksi yang konsisten. Pemenuhan kebutuhan dapat dipengaruhi oleh suasana sekolah dan hubungan interpersonal tempat pendidikan itu berlangsung. Tidak tercapainya kesejahteraan sekolah dapat menyebabkan anak didik menjadi stres yang berakibat pada menurunan prestasi sekolah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interpersonal relationships terhadap school well-being pada mahasiswa ilmu keperawatan.

Metode: Metode yang digunakan adalah diskriptip kuantitatif dengan analisis regresi. Sampel mahasiswa yang menempuh pendidikan ilmu keperawatan. Dari total populasi sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan hasil sebanyak 231 mahasiswa.

Hasil: Hasil Analisis regresi diperoleh dimensi interpersonal relationships terhadap school well being dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Penelitian ini dapat diartikan ada pengaruh yang positif dan signifikan dimensi interpersonal relationships terhadap school well-being pada mahasiswa keperawatan.

Kesimpilan: Ada pengaruh yang positif dan signifikan dimensi interpersonal relationships terhadap school well-being pada mahasiswa keperawatan, faktor yang dapat meningkatkan kesejahteraan mahasiswa di kampus yaitu hubungan sosial yang baik, saling menghargai antar mahasiswa dan antara mahasiswa dan staf kampus, kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas yang disediakan kampus dan kegiatan untuk mengembangkan karakter dan ketrampilan.

 

Kata Kunci: Interpersonal relationships, Ilmu Keperawatan, School well-being

https://doi.org/10.55426/jksi.v13i1.189
PDF