HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI CARE GIVER DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA
PDF

Keywords

Peran Perawat, Tingkat Kecemasan, Lansia

How to Cite

Karlina, L., & Kora, F. (2020). HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI CARE GIVER DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 11(1), 104-113. https://doi.org/10.55426/jksi.v11i1.20

Abstract

Latar Belakang: Lanjut usia adalah bagian dari proses tumbuh kembang. Manusia tidak secara tiba-tiba menjadi tua, tetapi berkembang dari bayi, anak-anak, dewasa, dan akhirnya menjadi tua. Proses ini yang membuat lansia sering diliputi perasaan cemas.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan peran perawat sebagai care giver dengan tingkat kecemasan pada lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Kasongan Bantul.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode Survei Analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 89 orang dan sampel berjumlah 69 orang dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian berupa checklist. Metode analisa data menggunakan uji korelasi Chi Square.
Hasil: Peran seluruh perawat (100%) sebagai care giver di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Kasongan Bantul masuk dalam kategori baik. Selain itu, mayoritas responden tidak mengalami kecemasan yaitu sebesar 73%. Terdapat hubungan peran perawat sebagai care giver dengan tingkat kecemasan pada lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Kasongan Bantul yang ditunjukkan dari nilai korelasi Chi Square sebesar 53.826 dengan nilai p value 0.000 < α = 0.05.
Kesimpulan: Ada hubungan peran perawat sebagai care giver dengan tingkat kecemasan pada lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Kasongan Bantul.

https://doi.org/10.55426/jksi.v11i1.20
PDF