TINGKAT KECEMASAN LANSIA BERDASARKAN DEPRESSION ANXIETY STRESS SCALE 42 (DASS 42) DI POSYANDU LANSIA MEKAR RAHARJA DUSUN LEMAH DADI BANGUNJIWO, KASIHAN BANTUL
PDF

Keywords

Tingkat Kecemasan, Lansia

How to Cite

Husna, F., & Ariningtyas, N. (2020). TINGKAT KECEMASAN LANSIA BERDASARKAN DEPRESSION ANXIETY STRESS SCALE 42 (DASS 42) DI POSYANDU LANSIA MEKAR RAHARJA DUSUN LEMAH DADI BANGUNJIWO, KASIHAN BANTUL. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(1), 36-44. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/39

Abstract

Latar Belakang: Masalah kependudukan merupakan masalah yang dihadapi oleh semua negara maju dan berkembang termasuk Indonesia Laporan Staistik Center RI (2016), di Indonesia sendiri memiliki lansia sebanyak 13.729,992 juta orang lanjut usia. Meningkatnya jumlah lansia di Indonesia akan menimbulkan masalah kompleks baik dari masalah fisik maupun psikososial. Masalah psikososial yang paling umum pada orang tua adalah kecemasan. Tujuan penelitian ini adalaah untuk mengetahui gambaran kecemasan lansia di Pos Pelayanan Terpadu Lansia Mekar Raharja, Lemah Dadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah lansia yang aktif di Pos Pelayanan Terpadu Lansia Mekar Raharja, Lemah Dadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Total populasi dalam penelitian ini adalah 61 lansia. Metode sampel adalah accidental sampling. Analisis menggunakan analisis univariat.

Hasil penelitian: Jumlah lansia dengan tingkat kecemasan lansia normal 67,3%, tingkat kecemasan lansia lebih ringan 20,0%, tingkat kecemasan lansia 9,1%, tingkat kecemasan berat lansia 3,6%, tingkat kecemasan lansia berat sekali 0%.

Kesimpulan: Deskripsi kecemasan lansia di Pos Pelayanan Terpadu Lansia Mekar Raharja, Lemah Dadi, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dalam kategori tingkat normal.

 

 

PDF