HUBUNGAN ANTARA PARITAS IBU DENGAN BERAT BADAN LAHIR BAYI DI RSUD WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Paritas, Berat Badan Lahir Bayi

How to Cite

H S, S., Sari2G., & Melina, F. (2020). HUBUNGAN ANTARA PARITAS IBU DENGAN BERAT BADAN LAHIR BAYI DI RSUD WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(1), 45-52. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/40

Abstract

Latar Belakang: Berat badan  lahir bayi merupakan indikator tertinggi Angka Kematian Bayi (AKB). Berat badan lahir bayi merupakan salah satu indikator kesehatan bayi baru lahir, yang mana seorang bayi lahir sehat dan cukup bulan. Paritas erat kaitannya dengan berat badan lahir bayi, ibu dengan grande multipara atau melahirkan lebih dari lima kali mempunyai dampak pada timbulnya berbagai masalah kesehatan baik bagi ibu maupun bayi yang dilahirkan. Salah satu dampak kesehatan yang mungkin timbul dari paritas yang tinggi adalah berhubungan dengan kejadian BBLR.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan paritas ibu dan berat badan lahir bayi di RSUD  Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei analitik, dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi berjumlah 460 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan totall sampling. Analisa data yang digunakan adalah Kendall-Tau.

Hasil : Terdapat, hubungan antara paritas ibu dengan berat badan lahir bayi di RSUD  Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. Dengan nilai korelasi Kendall-Tau dengan signifikan 0,000>0,05.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara paritas ibu dengan berat badan lahir bayi di RSUD  Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta.

 

 

PDF