PELAKSANAAN TEKNIK MENYUSUI PADA IBU MENYUSUI BAYI USIA 0-6 BULAN DI PUSKESMAS DANUREJAN I YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Teknik menyusui, ASI, bayi

How to Cite

Kusuma, R., & Susanti, R. (2020). PELAKSANAAN TEKNIK MENYUSUI PADA IBU MENYUSUI BAYI USIA 0-6 BULAN DI PUSKESMAS DANUREJAN I YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(1), 53-62. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/41

Abstract

Latar Belakang:  Hambatan utama pemberian ASI adalah  kurangnya  kemampuan tentang teknik menyusui yang benar. Bayi yang mendapat ASI eksklusif di Indonesia baru mencapai 54,3%. Data Dinas Kesehatan DIY tahun 2015 cakupan ASI eksklusif terendah adalah Kota Yogyakarta sebesar 54,9%. Target cakupan ASI eksklusif terendah di Kota Yogyakarta yaitu Puskesmas Danurejan I.

Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik menyusui pada ibu menyusui bayi umur 0-6 bulan di Puskesmas Danurejan I Yogyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan desain penelitian survei deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan checklist sebagai alat ukur dan analisis data menggunakan univariat.

Hasil: Pelaksanaan teknik menyusui pada ibu menyusui bayi usia 0-6 bulan di Puskesmas Danurejan I dengan kategori baik sebanyak 14 responden (51,9%) dan kategori ibu menyusui yang tidak baik sebanyak 13 responden (48,1%).

Kesimpulan: Pelaksanaan teknik menyusui pada ibu menyusui bayi usia 0-6 bulan di Puskesmas Danurejan I teknik menyusui yang baik lebih tinggi yaitu 51,9%.

 

 

PDF