HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PERILAKU VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI PONPES AL_GHIFARI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
PDF

Keywords

personal hygiene, vulvahygiene, menstruasi, remaja.

How to Cite

Handayani, S. (2020). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PERILAKU VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI PONPES AL_GHIFARI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(1), 79-89. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/44

Abstract

Latar Belakang: Kebersihan vulva merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan terutamasaatmenstruasi, karena kebersihan vulva akan berpengaruh terhadap kesehatan organ – organ reproduksi. Personal hygiene adalah suatu tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan yang berguna untuk kesehatan secara umum pada seseorang. Sedangkan perilaku vulva hygiene saat menstruasi merupakan peran penting dalam menjaga kebersihan, dankesehatan, agar terhnidar dari infeksi alat reproduksi. Saat  menstruasi vulva dan organ reproduksi lainnya rentan terhadap terjadinya  infeksi, maka  perilaku vulva hygiene dalam upaya menjaga kebersihan alat kelamin penting bagi remaja putri.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan personal hygiene dengan perilaku vulvahygiene saat menstruasi pada remaja putri di Ponpes Al-Ghifari Gamping Sleman Yogyakarta.

Metode Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif  dengan metode korelasi dan menggunkan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2018. Jumlah sampel 30 remaja putri Ponpes Al-Ghifari Gamping Sleman Yogyakarta. Analisis data menggunakan pearson product moment.

Hasil Penelitian: Tingkat Pengetahuan tentang personal hygiene pada remaja putri diketahui score nilai tertinggi adalah 24, dan score nilai terendah adalah 19. Nilai yang paling banyak diproleh respondenadalah 22, yaitu sebanyak 8 responden (26,7%%). Perilaku vulva hygiene saat menstruasi yang dilakukan remaja putri score tertinggi adalah 25, dan score nilai terendah 19. Nilai tertinggi yang paling banyak diproleh adalah score nilai 23 sebanyak 7 responden (23,3%).Ada hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan personal hygiene dengan perilaku vulva hygiene saat menstruasi pada remaja putri di Ponpes Al-Ghifari Gamping Sleman,   dengan nilai  p-value 0,99<0,01 taraf kemaknaan 1%.

Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan personal hygiene dengan perilaku vulva hygiene saat menstruasi pada remaja putri di Ponpes Al-Ghifari Gamping Sleman Yogyakarta.

 

 

PDF