HUBUNGAN KEHAMILAN REMAJA DENGAN KEJADIAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH DI RSUD WATES
PDF

Keywords

kehamilan remaja, BBLR, Remaja

How to Cite

Wahyuhidaya, P., Dasuki, D., & Astuti, D. (2020). HUBUNGAN KEHAMILAN REMAJA DENGAN KEJADIAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH DI RSUD WATES. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 10(1), 90-96. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/45

Abstract

Pendahuluan: Tingginya Angka Kematian Bayi erat kaitannya dengan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). proporsi nasional kelahiran bayi berat lahir rendah mencapai 10,2%. Salah satu faktor resiko kejadian BBLR yaitu status kehamilan remaja.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kehamilan remaja dengan kejadian BBLR.

Metode: penelitian observasional dengan desain case control. Populasi bayi baru lahir di RSUD Wates tahun 2015, sample sejumlah 158 dipilih dengan simple random samping dengan kriteria inklusi Bayi baru lahir yang dilahirkan di RSUD Wates,  Bayi baru lahir yang mempunyai rekam medis lengkap (Identitas, riwayat penyakit, riwayat kehamilan, riwayat persalinan).

Kriteri eksklusi: Bayi baru lahir dengan cacat konginetal, Bayi baru lahir meninggal dalam satu jam. Instrumen penelitian data dari rekam medis di RSUD Wates Kabupaten Kulonprogo. analisa data menggnakan Chi square,

Hasil: Didapatkan hubungan kehamilan remaja dengan BBLR dengan nilai p 0,047 dan OR 1,8. Simpulan: Kehmailan remaja berhubungan dengan BBLR sebesar 1,8 kali.

 

 

PDF