SIKAP IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI KETIDAKNYAMANAN KEHAMILAN TRIMESTER I DI PUSKESMAS PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA
PDF

Keywords

Sikap, Ibu Hamil Trimester I, Ketidaknyamanan Kehamilan.

How to Cite

Eniyati, E., & Rahayu F, D. (2020). SIKAP IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI KETIDAKNYAMANAN KEHAMILAN TRIMESTER I DI PUSKESMAS PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 8(1), 55-62. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/66

Abstract

LatarBelakang: Perubahan system dalam tubuh ibu selama  proses kehamilan membutuhkan suatu adaptasi, baik fisik maupun psikologis sehingga tidak jarang ibu akan mengalami ketidaknyamanan dalam perubahan tersebut. Hasil studi pendahuluan di Puskesmas Piyungan menunjukkan bahwa dari 8 responden yang diwawancarai, terdapat 6ibu hamil yang  merasa tidak nyaman dengan kehamilannya. Ketidaknyamanan yang dialami ke enam ibu hamil tersebut antara lain mual muntah, keputihan, sakit kepala, dan ngidam. Ketidaknyamanan  kehamilan yang dirasakan menuntut ibu untuk bijak dalam menyikapi hal tersebut. Sikap positif ditunjukkan oleh 7 dari 8 ibu hamil.

TujuanPenelitian:Diketahuinya  gambaran sikap ibu hamil dalam menghadapi ketidaknyamanan kehamilan trimester I di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta.

MetodePenelitian: Penelitian ini  merupakan  jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu  hamil trimester I padabulan Agustus 2016 sebanyak 30 orang. Sampel diperoleh menggunakan teknik total sampling,yaitu dengan cara menjadikan seluruh subyek populasi sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang kemudian diuji analisis dengan skala ukur Skor-T.

Hasil: Mayoritas responden berumur  20-35 tahun (93,3%), berpendidikan menengah (56,7%), tidak bekerja (60%) dan 56,7% memiliki sikap yang positif dan 43,3 % memiliki sikap negative dalam menghadapi ketidaknyamanan kehamilan trimester I.

Kesimpulan: Sebagian besar ibu hamil di Puskesmas Piyungan  berusia 20-35 tahun berpendidikan menengah dan tidak bekerja, mayoritas memiliki sikap positif dalam menghadapi ketidaknyamanan kehamilan trimester I.

PDF