HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN MEKANISME KOPING PADA PASIEN CKD (CHRONIC KIDNEY DISEASE) YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RS CONDONG CATUR YOGYAKARTA.
PDF

Keywords

Kecemasan ,Mekanisme koping, CKD, Hemodialisa.

How to Cite

Fay, S., & Istichomah, I. (2020). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN MEKANISME KOPING PADA PASIEN CKD (CHRONIC KIDNEY DISEASE) YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RS CONDONG CATUR YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 8(1), 63-71. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/67

Abstract

Latar Belakang : Gagal ginjal kronik merupakan gangguan fungsi renal dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme, keseimbangan cairan dan elektrolit. Pada pasien gagal ginjal sering mengalami khawatir karena kondisi sakit yang dialaminya hal ini dapat menjadi stressor fisik yang mampu mengarahkan pasien pada tingkat stress, cemas bahkan depresi. Pada saat menghadapi keadaan yang penuh stress pasien gagal ginjal harus beradaptasi dengan stressor. Hal yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari koping.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan mekanisme koping pada pasien CKD ( Chronic Kidney Disease) yang menjalani hemodialisa di RS Condong catur Yogyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan rancangan survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan Februari- Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien hemodialisa di RS Condong catur Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling, didapat 36  responden. Analisa data yang digunakan adalah chi square  untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan mekanisme koping.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan mekanisme koping pada pasien CKD yang menjalani hemodialisa di RS Condong catur Yogyakarta, dengan nilai dari chi square 3,333 atau P>0,05.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan mekanisme koping pada pasien CKD yang menjalani hemodialisa di RS Condong catur Yogyakarta.

PDF