HYPNOBIRTHING TERHADAP LAMA PERSALINAN KALA I
PDF

Keywords

Hypnobirthing, kala I persalinan

How to Cite

Karuniawati, B., & Fauziandari, E. (2020). HYPNOBIRTHING TERHADAP LAMA PERSALINAN KALA I. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 8(2), 110-116. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/72

Abstract

Teknik relaksasi yang benar selama persalinan akan meningkatkan kemampuan ibu mengontrol rasa nyeri sehingga dapat menurunkan rasa cemas dan mampu meningkatkan aliran darah menuju uterus.  Selain itu relaksasi dalam persalinan mampu menurunkan ketegangan otot rahim. hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot rahim dapat berupa teknik pernafasan saat kontraksi, dan relaksasi mendalam saat hypnobirthing (Aprilia, 2013). Hypnobirthing adalah metode untuk mengolah alam bawah sadar dengan mengesampingkan rasa sakit yang dialami ibu dengan cara membimbing ibu tetap merasakan kontraksi namun saat bersamaan  ibu juga dikondisikan untuk mengurangi kepekaan terhadap nyeri atau dapat menikmati kontraksi yang terjadi sehingga ibu merasa nyaman.

Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui pengaruh Hypnobirthing terhadap lama persalinan kala I. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan case control. Responden sejumlah 35 orang diambil secara Purposive Sampling. Kesimpulan dalam penelitian ini 20 responden dengan Hypnobirthing mempunyai waktu lama kala I rata-rata 129 menit. Lama kala I pada kelompok control adalah 135, 67 menit. Berdasarkan uji statistik tidak ada perbedaan waktu yang signifikan antara persalinan dengan hypnobirthing dan tanpa hypnobirthing. Tetapi berdasarkan nilai mean terlihat bahwa persalinan dengan hypnobirthing memliliki waktu persalinan 6,67 menit lebih singkat dibanding dengan persalinan tanpa hypnobirthing.

PDF