PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENYUSUN TUGAS AKHIR MAHASISWA PRODI D-IV BIDAN PENDIDIK UNRIYO BERDASARKAN KARYA TULIS ILMIAH DAN METODE COC DI D-III KEBIDANAN
PDF

Keywords

Tingkat kecemasan, Tugas Akhir, Continuity Of Care, Karya Tulis ILmiah

How to Cite

Palifiana, D. (2020). PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENYUSUN TUGAS AKHIR MAHASISWA PRODI D-IV BIDAN PENDIDIK UNRIYO BERDASARKAN KARYA TULIS ILMIAH DAN METODE COC DI D-III KEBIDANAN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 8(2), 140-147. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/76

Abstract

Latar Belakang: Program Studi D-IV Bidan Pendidik merupakan jenjang program studi (prodi) yang berkelanjutan dari prodi D-III Kebidanan, salah satu persyaratan agar bisa lulus dalam  perkuliahan adalah mahasiswa diwajibkan untuk menyusun tugas akhir (skripsi).pada saat menempuh perkuliahan di prodi D-III Kebidanan mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat tugas akhir baik berupa karya tulis ilmiah maupun dengan metode COC (continuity of care), dimana yang menjadi permasalahan adalah  mahasiswa yang menggunakan metode COC merasa lebih kesulitan pada saat menyusun skripsi dikarenakan dalam metode COC tidak terdapat metodologi penelitian tetapi berupa studi kasus saja sehingga penyusunan tugas akhir menjadi lebih terhambat dikarenakan mahasiswa merasa kurang menguasai metodologi penelitian dibandingkan dengan mahasiswa yang menempuh tugas akhir di D-III kebidanan dengan menggunakan karya tulis ilmiah.

Tujuan: Mengetahui perbedaan tingkat kecemasan dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa Prodi D-IV Bidan Pendidik UNRIYO.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitif dengan metode Comparative Study dan design penelitian cross-sectional. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi D-IV Bidan Pendidik TA 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Proportional Size dengan jumlah sampel 126 orang. Analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney.

Hasil: Mahasiswa yang berlatarbelakang karya tulis ilmiah mempunyai tingkat kecemasan berat yaitu sebanyak 24 mahasiswa (38,09%) dan mahasiswa yang berlatarbelakang laporan tugas akhir dengan metode COC mempunyai tingkat kecemasan berat yaitu sebanyak 4 orang (6,34 %). Hasil analisis Mann Whitney menunjukkan nilai p value 0,001 < 0,005.

Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat kecemasan dalam menyusun tugas akhir (skripsi) pada mahasiswa Prodi D-IV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta berdasarkan Karya Tulis Ilmiah dan Metode COC di D-III Kebidanan.

PDF