HUBUNGAN UMUR IBU HAMIL, DUKUNGAN SUAMI DENGAN KECEMASAN IBU MENGHADAPI PERSALINAN
PDF

Keywords

Umur, dukungan suami, kecemasan

How to Cite

Susilo, H., Sulistyo, H., & Anjarwati, A. (2020). HUBUNGAN UMUR IBU HAMIL, DUKUNGAN SUAMI DENGAN KECEMASAN IBU MENGHADAPI PERSALINAN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 8(2), 189-196. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/81

Abstract

Latar Belakang:Perasaan cemas sering terjadi pada kehamilan, rasa cemas timbul akibat kekhawatiran akan proses kelahiran dan keadaan bayinya. Kecemasan tingkat tinggi dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur bahkan keguguran.Dukungan selama hamil sangat  dibutuhkan, hal ini terbukti meningkatkan kesiapan ibu dalam menghadapi kehamilan dan proses persalinan.

Tujuan: menganalisis hubungan umur dan dukungan suami terhadap kecemasan dalam menghadapi persalinan.

Metode: Jenis penelitian korelasi deskriptif. Metode pendekatan menggunakan cross sectional, sampel yang digunakan sebanyak 88responden.Pengambilan data mengunakan kuesioner.Analisa menggunakan univariat dan bivariat. Uji hubungan penelitian ini menggunakan kendall’s Tau.

Hasil Penelitian: penelitian tentang hubungan umur, dukungan suami dengan kecemasan menghadapi persalinan menghasilkan nilai ρ = 0,482 untuk umur dan ρ = 0,000 untuk dukungan suami.

Kesimpulan:Dari variabel umur dan dukungan suami yang mempunyai hubungan bermakna adalah dukungan suami.

PDF