HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEPATUHAN PEMBATASAN CAIRAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS
PDF

Keywords

Self Efficacy. Kepatuhan, Pasien Gagal Ginjal Kronik.

How to Cite

Nurohkim, N., Utami, D., & Priyantari, W. (2020). HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEPATUHAN PEMBATASAN CAIRAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(1), 18-28. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/87

Abstract

Latar Belakang: Pembatasan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 60-80% pasien meninggal akibat ketidak patuhan dalam pembatasan cairan. Bila tidak melakukan pembatasan asupan cairan dapat mengakibatkan edema, hipertensi, hipertropi ventrikuler kiri, dan mempengaruhi lama hidup pasien. Keyakinan diri atau self-efficacy sangat diperlukan pada pasien dengan gagal ginjal kronik, dalam mengatasi tantangan kondisi sakit yang dihadapinya terutama dalam pembatasan cairan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan kepatuhan  pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan desain penelitian survey analitik dan pendekatan cross sectional, yang dilakukan pada bulan September 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisa rutin di RSUD Panembahan Senopati, sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah Kendal tau, untuk mengetahui self efficacy dengan kepatuhan  pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan self efficacy dengan kepatuhan  pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Dengan uji Kendal Tau p-value 0,000>0,05.

Kesimpulan: Ada hubungan self efficacy dengan kepatuhan  pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Saran: Diharapkan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa mempunyai keyakinan diri, sehingga dapat patuh dalam melakukan diit pembatasan cairan.

PDF