HUBUNGAN POLA KONSUMSI BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 1 SAMPAI DENGAN 3 TAHUN
PDF

Keywords

pola konsumsi, status gizi

How to Cite

Ernawati, E., & Prabandari, F. (2020). HUBUNGAN POLA KONSUMSI BALITA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 1 SAMPAI DENGAN 3 TAHUN. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(1), 44-50. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/89

Abstract

Latar belakang: Masa balita merupakan masa kritis dalam upaya menciptakansumberdaya yang berkualitas. Masa tersebut di sebut masa emas dimana sel-sel otak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembanganyang optimal.Masalah gizi merupakan hal yang sangat penting dan mendasar dari kehidupan manusia.kekurangan gizi selain dapat menimbulkan masalah kesehatan (morbiditas, mortalitas dan disabilitas), juga menurunkan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Dalam skala yang lebih luas, kekurangan gizi dapat menjadi ancaman bagi ketahanan dan kelangsungan hidup suatu bangsa.Berdasarkan Studi pendahuluan di desa Congkrang dengan jumlah 238 balita yang terdapat 1 balita berstatus BGM (bawah garis merah) dan 7 balita berstatusBGT (bawah garis titik).

Metode penelitian: desain penelitiandeskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu adalah ibu balita yang memiliki balita yang berusia (1–3) tahun yang datang pada saat penimbangan posyandu, dan rutin menimbangkan berat badan minimal 10 kali.Teknik pengambilan data dengan menggunakan formulir food frequency dan KMS.

Hasil penelitian: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa balita dengan pola konsumsi baik dan berstatus gizi baik yaitu sebanyak 38 responden (65,5), pola konsumsi baik dengan status gizi kurang yaitu sebanyak 6 responden (10,3%) sedangkan pola konsumsi kurang dengan status gizi baik sebanyak 3 responden (5.17%), dan pola konsumsi kurang dengan status gizi kurang yaitu sebesar 10 responden (17,2%), dan pola konsumsi kurang dengan gizi buruk yaitu sebesar 1 responden (1,7%).

Simpulan: terdapat hubungan yang antara pola konsumsi dengan statusgizi balita usia 1 sampai dengan 3 tahun di desa congkrang kecamatan muntilan, Magelang.

PDF