PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR MAHASISWA
PDF

Keywords

Project Based Learning (PjBl), kognitif, afektif, psikomotor

How to Cite

Hikmawati, A., Huriah, T., & Khoiriyati, A. (2020). PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR MAHASISWA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu (JKSI), 9(1), 62-73. Retrieved from https://stikes-yogyakarta.e-journal.id/JKSI/article/view/91

Abstract

Pendahuluan : Mahasiswa keperawatan yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan profesi ners harus melakukan uji kompetensi perawat sesuai dengan standar kompetensi perawat. Upaya yang dapat dilakukan mahasiswa untuk dapat mencapai hasil yang kompeten perlu kemandirian belajar. PjBL merupakan metode pembelajaran yang memperkenankan peserta didik untuk bekerja secara mandiri, kreatif dan pembelajaran yang inovatif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan PjBL terhadap peningkatan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa.

Metode penelitian ini adalah Quasy-eksperiment dengan pendekatan Pretest-Posttest With Control Grup Design. Penelitian dilakukan pada bulan Mei – Juni 2017, N adalah mahasiswa STIkes Surya Global Yogyakarta semester V dan n kelompok intervensi 40 dan n kelompok kontrol 40. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji Paired sample t-test dan Uji statistik Independent t-test.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi setelah dilakukan metode pembelajaran dengan PjBL (p<0.00) pada kemampuan kognitif, (p<0.001) pada kemampuan afektif dan (p<0.001) pada kemampuan psikomotor.

Kesimpulan penelitian adalah PjBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa.

PDF